Antara Aku, Cikitha dan Rudi Si Liar

Antara Aku, Cikitha dan Rudi si Liar
by theDreamer (visit me!)

Urgghh... nyamannya udara pagi ini. Ah, nggak biasanya suasana hatiku senyaman ini. Yak! Jam diniding menun juk pukul 06.00, tepat sekali. Yang jelas, aku emang sengaja bangun siang di hari Minggu ini. Sembari setengah terkantuk-kantuk, kuseretkan langkahku menuju kamar mandi, membersihkan mukaku yang aduhai cantik ini (#*!?).
Di depan cermin, sambil mengucek mata, aku meraba-raba wajahku yang juga mulus ini... Seperti biasa, monster kecil merah muda yang udah biasa wira wiri di mukaku nemplok lagi. Sekarang doi muncul TEPAT DI TENGAH-TENGAH JIDATKU yang lebar.
Tumere nehik!
Orang india baru nich!
Yah... aku memang salah satu cewek yang lumayan aneh, sedikit rajin dan selalu menabung. Hobiku adalah merawat jerawat. Eits, kalian nggak minus kok, mata kalian masih normal. Kalian enggak salah baca, kuulangi lagi, hobiku adalah merawat jerawat. (Psst! Jangan komentar!)
Abis bentuknya imyuut sih, kalo dipegang juga kenyel-kenyel gimanaaa gitu. Anehnya, si jerawat itu muncul saban ari cuma satu doang, ukurannya juga standar, makanya ini jerawat udah 3 bulan mondar-mandir di wajahku. Saking gilanya. Dia kuberi nama, Cikitha.
LUTUU KAN??



Oghh...
Cikitha kubelai lembut, seperti aku membelai kucingku, si Molen. Ghhh... nggak sakit, tapi Cikitha berdenyut sedikit. Seolah balas menyapa majikannya ini. Mama udah berulangkali bengak-bengok suruh gue periksain ke dokter kulit, tapi sayangnya aku udah terlanjur cinta ama Cikitha. Dan akhirnya... Mama cuma bisa ngelus dada punya anak super idiot kayak gini.
Brsshh..
Aku membasuh muk, sekalian mandiin si Cikitha. Biasanya sih, dia ngeloyor pergi (baca: KEMPES!) 3 hari kemudian kalau sering-sering kumandiin. Tapi namanya aja jerawat, dia pasti bikin sarang lagi di area mukaku yang lain. Puff, selesai cuci muka, aku balik ke kamar, beres-beres sedikit lalu ngambil anduk buat mandi.
BYASSHHH
Kunyalain shower dan mandi.
***

“Tina! Itu jerawat kok pindah lagi, sih? Diilangin aja kenapa! Aku risih nih!”
Wendi, temenku yang paling deket, histeris begitu ngeliat kedatanganku bersama Cikitha.
“Ih, apaan sih! Aku yang punya aja nggak risih.. Elu yang kagak ketemplokan bengak-bengok kayak emak-emak jualan panci!” ujarku, sewot. Habisnya, siapa juga yang nanya komentar Wendi! Huh! Sebel nih! Oh ya by the way, saat ini kita lagi jalan-jalan di alun-alun. Liat bronies sliwar sliwir oui!
“Ya bukannya gitu sih, tapi ntar cowok-cowok pada lari loh ngliatin kamu”
Suara Wendi lagi. Seperti ayam yang mau bertelur, aku mengacuhkannya. Abiz, kenapa juga dia musti repot! (Wah, padahal sahabat yang baik kan kayak gitu, ya..).
Baru aja aku mau ngomong, tiba-tiba sesosok bertubuh gempal, kecil, imut (item mutlak! bedakan caraku menulis imyuut dengan imut)... muncul berlari-lari macam tuyul dikejar setan.
RUDI!!
Oh, Godness! Dia keponakanku, tapi nakalnya itu loh! Ampun deh!
Pernah gue disuruh jagain dia dan bayangkan...
Semangkuk telur pecah di kaos You-can-see kesayanganku! Mana baunya... ugh! WANGI banget!

“Kak Tina! Kak Tina! Mama.. ada Kak Tina!”

Rudi menjerit layaknya ketemu badut ancol. Egh! MAMA?? Tanteku juga ada? HUEG!! Kayaknya bakalan ketiban ‘rejeki’ nih! (Keluh!).

“Halo Rudi. Rudi lagi ngapain?” tanyaku lembut.
“Lagi mau ke tempatna kakak!” ujar Rudi.
DEG!
Mau ke tempatku?? Mendadak perutku meliliy, Cikitha berdenyut-denyut kencang.
PRAK!
Bayangan telur pecah kembali melintas.
“Oh! Tina! Kebetulan sekali..” si Tante Rudi muncul dari gang kecil tempat tadi Rudi berlarian itu.
CLAP!
Laksanak anak panah menusuk jantung, kehadiran Tante Rudi meyakinkanku bahwa bencana akan datang di hari yang cerah ini...
Wendi, yang saat ini ada di sebelahku, dia cuma cengar-cengir kuda ngelirik ke aku (dia pernah kuceritain tragedi ‘bertelur’-ku sama Rudi tapi dia cuma bisa NGAKAK!). Ih ini anak! Tolongin gua kenapa sih!
“Minggu ini Tante mau nyusul Oom kamu buat ketemu investor LN, pembantu Tante lagi pulang kampung—neneknya sakit, jadi kamu jagain Rudi ya..?”
Baru aja gue berharap Wendi bantuin gue dengan mengajak gue cabut dari situ, si Tante udah memproklamirkan wasiat yang serasa ultimatum berdosis ‘sangat bahaya’ padaku. Wendi sial! Dia malah gigit bibir nahan tawa (yang kalo diperhatiin sih, dia justru kayak orang sembelit yang mau kentut!).
“Umm.. gimana, yah Tan, soalnya..”
“Kamu tenang aza! Rudi udah bawa perlengkapannya sendiri kok, jadi kamu bisa ninggalin dia main sendiri...”
Belum selesai kata-kataku tadi, Tante udah motong duluan sambil nujukin seabrek mainan (baca: peralatan perang)-nya Rudi, di sebuah tas plastik kecil, aku nengok ke Rudi, dia masang tampang bersiaplah-kau-wahai-penjajah!
“Tolong, ya, Tin! Tante buru-buru nih! Ini dibawa ya, dag Tina. Rudi! Baik-baik sama kak Tina, ya!!”
si Tante-Cerewet-Rudi itu langsung nglemparin tas plastiknya itu. Eng... lebih tepatnya memberikan tas plastik itu. Dan Rudi langsung megangin tangan kiriku. Sepeninggalnya Tante-Tanpa-Koma-Dalam-Bicara itu, si Wendi ngakak nggak ketulungan kayak monyet yang BENER-BENER kurang kerjaan!!
“DAMMIT!!!”
Selorohku. Wendi cuma ngeloyor sambil berhaha hihi huhu nggak jelas.
Bagaikan nenek-nenek membawa gentong idup, aku nuntun Rudi menuju rumah. Cikitha berdenyut kencang.
PRAK! PRAK! PRAK!
...dan bayangan 1000 telur kini meletup-letup di otakku.

***
Di Rumah.
Mama sama Mbok Yem lagi ke pasar, papa seperti biasa, sibuk kerja.
AARGGH!!
Akhirnya cuma ada aku sama Rudi doang deh di rumah, awalnya sih baik-baik aja, Rudi si imut nurut aku suruh duduk manies nonton TomNJerry, sdangkan aku nyetrika pakean-pakean di belakang. Lagi asyik-asyiknya nyetrika, tiba-tiba terdengar suara manja.
“Kak, kasetnya udah abiss..” si Rudi menarik-narik rokku. Buru-buru kutarik rokku yang hampir melorot itu, kusingkirkan tangan mungilnya si Rudi yang teramat GANJENnya itu.
“Oh, udah abis ya?? Ya udah, Rudi nonton chanel TV aja ya..” ujarku lembut sambil memasang tampang pergilah-kau!
“Nggak mau! Nggak mau! Rutdi mauna sama Kakakh..” suara merengek-rengek itu adalah senjata terampuh kedua setelah NUKLIR.
“Nggak bisa dong, kakak kan lagi nyetrika. Udah deh! Rudi sana maen sendiri! Jangan ganggu!”
Aku mulai senewen. Dan seperti TEROMPET KEMATIAN yang ditiup TEPAT DI TELINGAKU...
HUWAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!
Si Rudi nangis! Mana kenceng banget pula!
“Sst!! SSHHH!! Aduh, Rudi kok cengeng sih? Diem dong, katanya gak mo nakal???”
“HAAAAAAAAAAAAAAAWWWWWWW!!!”
(buset! ini anak!)
“Sssh! Ya udah yo, main deh!” ujarku nyerah.
“HAWG HAG HAG HAG!!” Dia ngakak. Hup! Bener-bener deh!


Sambil nguap-nguap, kutingguin si Rudi nonton apa tuh namanya.. Masquarade. Lama juga gak nonton yang beginian, lucu juga sih. Gue sama Rudi sempet ngakak bareng. Si Rudi ngambil pistol mainannya sambil bertingkah aneh aneh meniru yang dilihatnya.
Dan seperempat jam kemudian..
“Kak, kakak masak apa sih?” tanya Rudi.
“Masak? Enggak tuh? Kakak nggak masak apa-apa. Emang kenapa?” aku balik nanya sambil menguaaaaaaaaaap lebar.
“Kok baunya enak..” jawab Rudi. Hidungku mulai melacak sesuatu, bau bakaran.
“ASTAGANAGA!! SETRIKAAANNYA! BUSET!” aku kaget! Iya, setrikaannya belum gue cabut! GOSH!!
Sambil megap-megap saking shocknya, buru-buru aku ke belakang. Kujumpai setrika tolol itu tengah mendengkur berkepul-kepul.
“SWEETEST CLOTHESKYUUU!! TIDAK!!!”
Aku bener-bener shock. Bukan cuma telur, semua hal berkecamuk di otakku. Seragam sekolahku gosong.. gimana, nih!! Aku mulai menggila. HANYA ADA SATU MAKHLUK YANG PATUT NGERASAIN BOGEMANKU INI!!
Aku nengok ke belakang dan
PLOP! CLETAK!
Si Rudi tiba-tiba mengacungkan pistol mainanya tepat di sarangnya Cikitha....
Baru aja aku mau meringkus si Tuyul item itu tiba-tiba tubuhku lunglai dan lemas... perutku terasa dingin dan pandanganku buyar.. Rudi jadi lima... lima jadi Rudi.., terdengar suara mendengung entah apa itu dan.. BRUK!! aku terjatuh dan—GELAP. Kata-kata terakhir yang kudengar adalah: Kak, Jangan mati!

***

Bunyi ‘pip..pip’ terdengar nyaring, samar-samar kubuka mata sambil sesekali mengerjap. Aku ada di mana?
“Tina! Oh, syukurlah kamu siuman!” suara Wendi terdengar. Lalu mukanya nongol.
“Wen, aku kenapa?” tanyaku kemudian setelah negliat infus dan tangki oksigen.

“Tadi kamu tuh pingsan. Mamam kamu lagi di ruang administrasi. Uh! Coba kalo aku percaya dikit ama Rudi, pasti gue deh yang bakalan jadi heroe-mu!” ujar Wendi. Hag?? Heroe??
“Hah!! Rudi? Emang kenapa?” tukasku.
Aku mengela napas, rasanya ada yang aneh di kepalaku, otakku serasa mau pecah, sensasi yang imyuut seperti Cikitha.
“Ya... tadi tuh anak nelponin ke gue, katanya lu mati ditembak pake pistol-pistolan. Terang aja gue nggak percaya. Anak kecil kan pinter ngibul, eh! Ternyata barusan gue denger lo di rumah sakit!” jelas Wendi. Hah? Rudi si begundal itu? Nelpon? Kok bisa ya??
“Kata dokter, kamu tuh kena tumor kulit, untung aja belum mengganas jadinya udah bisa diangkat. Tumor itu pecah waktu si Rudi nembak jidat lo. And si Tumor itu sebenarnya udah nyambung ke saraf otakmu, jadinya kamu pingsan deh..” jelas Wendi. Hag?? Cikitha? Si Jerawat mungil?? Tumor? Ohh!!
“Untung Rudi tau nomor darurat, tau nggak? Tadi FBI nyaris loh datang ke rumah loe!” ujar Wendi, ketahuan deh gaya hiperbolisnya! Dia ngakak sambil melukin gue..

HAH!!
Gue jadi paham sekarang! Jadi.. Rudi yang nyelametin aku?? Meski nggak sepenuhnya bener, tapi.. Aku utang nyawa sama dia.. apalagi setelah mendengar kalo saja satu jam tumor itu nggak diangkat, tumor itu bakaln jadi kanker otak ... dan aku bisa koma!! Oh.. Cikitha yang jahat.. dan Rudi yang imyuut!!!

TAMAT

BERHATI-HATILAH DENGAN JERAWAT!