Mengatasi Virus dan Memproteksi Komputer

Mengatasi Virus dan Memproteksi Komputer
(By Barzam Freetobe Hisself)

Sebenarnya sih ini cuma masalah klasik yang sering kita temui sehari-hari, utamanya adalah saat kita ngadepin komputer. Yah, apalagi kalau bukan VIRUS komputer. Jadi inget dulu waktu komputer keganyang virus Sality sama Alman. Waduh! Semua software penting (termasuk game) digerogotin abis sama tu virus-virus menyebalkan! Sampai akhirnya ketemu sebuah pencerahan! Wkwkwk.

Jadi, apa yang musti kamu lakuin jika komputer kamu terlanjur kena virus? Jangan panik dan jangan grogi. Berikut adalah tips buat membersihkan virus dengan tuntas!

LANGKAH AWAL
Jika komputer kamu sudah terserang virus dan virus tersebut sudah membuat ‘markas’ dalm komputermu, langkah paling bijak yang bisa dilakukan adalah instal ulang OS terlebih dahulu komputer kamu. Mengapa harus instal ulang? Karena kalau kamu hanya mengandalkan men-scan komputer dengan antivirus, masih ada kemungkinan 25% komputer kamu belum benar-benar bersih dari virus. Jadi, langkah pertama adalah instal ulang OS komputer kamu.

Oh, ya sebelum kamu instal ulang, pastikan semua CD Driver Hardware komputer kamu sudah lengkap. CD Driver di sini yang dimaksud adalah CD yang berisi software untuk mengatur hardware dalam kompi, seperti kartu VGA, Sound Card, printer dsb. Sudah lengkap? Nah, selanjutnya adalah kamu siapkan antivirus-antivirus berikut:
- Smadav (bisa diunduh dari www.smadav.net)
- Avira AntiVir Personal (bisa diunduh dari www.avira.com atau www.softpedia.com)
- PC-MAV (ini opsional, bisa diunduh dari www.4shared.com atau situs resmi PCMAV *lupa alamatnya*)

Ada baiknya kamu juga mempersiapkan update database virus terbaru dari Avira. Caranya adalah dengan mendownload update-nya di Softpedia. Search aja dengan keyword “update Avira (bulan apa)” contoh: Update Avira Desember 22.

Nah, sekarang kamu bisa mulai instal ulang. Pastikan drive C gak ada file penting, ntar pas instal ulang di-delete aja drive C ini. Untuk tahu langkah-langkah menginstal ulang, klik di sini.

LANGKAH 2
Selesai instal ulang, jangan langsung instal apa pun dan membuka isi harddisk! PAMALI, karena bisa saja virus yang bercokol di drive selain drive C masih ber-hibernasi. Langsung tancapkan flashdisk tempat antivirus kamu berada! Yang pertama kali di instal adalah, Avira. Setelah itu, pasang SMADAV dan terakhir pasang PCMAV-RTP (opsional).

Setelah semuanya terinstal, komputer kamu udah 80% aman dari infeksi virus. Biar lebih aman lagi, kamu update Avira kamu dengan update yang udah kamu unduh tadi. Nama file update-nya adalah vdf_fusebundle.zip jadi kalau file unduhan kamu bukan bernama itu, ganti namanya menjadi seperti itu (kalau tidak, avira tidak bisa mengenali update-nya). Cara meng-update secara manual adalah:
- Double klik icon Avira di taskbar
- Klik menu “Update”
- Pilih “Manual Update”
- Cari dimana file vdf_fusebundle.zip kamu berada lalu klik “Open”
- Avira sudah terupdate

Nah, setelah antivirus terpasang, sekarang kamu instal semua driver hardware komputer kamu. Seperti Printer (penting tuh), sound card dll. Terus instal juga aplikasi-aplikasi lain seperti Microsoft Office, Corel Draw dll. Ingat! Jika Avira menemukan sebuah deteksi virus, jangan ragu dan jangan bimbang, langsung pilih DELETE. Jika fasilitas “Repair” berfungsi, maka pilih saja REPAIR.

LANGKAH 3
Setelah semua aplikasi terinstal, saatnya men-scan secara menyeluruh. Gunakan Avira untuk scan secara menyeluruh komputer kamu. Memang butuh waktu hingga 4 jam untuk menyelesaikan scan system secara menyeluruh. Dan ingat! Bila ditemukan deteksi, jangan pernah dikarantina! Lebih baik hapus file aplikasi tersebut. Toh nanti kamu bisa cari lagi di internet, ya nggak?

Lantas sekarang, apakah guna SMADAV? Jangan anggap remeh antivirus besutan lokal ini. Antivirus ini termasuk ampuh, ia bisa kita gunakan untuk memproteksi flashdisk kita juga. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Smad-Lock di flashdisk kita. Nah, jadi nantinya, file-file dalam flashdisk, kita ‘hijrahkan’ ke dalam folder Smad-Lock. Ini berfungsi agar virus tidak bisa mengganggu keberadaan file dan meminimalkan terserangnya flashdisk kesayangan dari virus. SMADAV juga bisa kita pakai untuk men-scan komputer jika dirasa Avira masih meragukan memberi hasil.

Lalu PCMAV-RTP bagaimana?? Yup, PCMAV-RTP berguna untuk memblok virus yang mencoba masuk ke komputer kita.

LANGKAH 4
Sekarang komputer sudah aman dari virus! Jangan gegabah lagi membuka file-file asing. Dan tentu saja, rajin update Avira kamu dan rajin scan komputer atau flashdisk yang mau menancap ke komputer.

That’s all, semoga info dari mengkudufamily.blogspot.com ini bermanfaat! Oke ciao!